Monday, November 13, 2017

Bagaimana dengan sistem ekonomi di Indonesia?



Zaman sekarang bagaimana dengan sistem ekonomi yang terjadi di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)? Apakah baik-baik saja atau sebaliknya? Sistem ekonomi yang sedang terjadi di NKRI saat ini belum masuk dalam kategori baik. Secara keseluruhan, sistem kapitalis telah menjadi peradaban yang membawa masyarakat mulai dekat dengan kesengsaraan serta kemiskinan. Sistem ekonomi demokrasi berubah menjadi sistem ekonomi kapitalis sangat berdampak kepada kehidupan global, masyarakat dituntut untuk mengikuti arus serta menyesuaikan diri terhadap sistem yang tidak sengaja dibentuk.
Logo gambar uang
Lalu bagaimana dengan ekonomi dalam perspektif Al-Qur’an? Segala macam hal tentunya di bahas dalam Al-Qur’an. Begitupun dengan Ilmu ekonomi. karena ilmu ekonomi adalah satu bagian dari ilmu agama Islam. Ilmu ekonomi sangat penting dengan kehidupan manusia. Pengembangan tingkat ekonomi bagi kebutuhan manusia sangat jelas dalam Alquran.

Namun, sebagian masyarakat cenderung berasumsi bahwa implementasi sistem ekonomi Islam hanya bisa dilihat dalam sistem perbankan Islam berlabel Syariah, yang secara teoritis menggunakan kontrak-kontrak atau akad muamalah. Implementasi ini tidak hanya dalam masalah perbankan saja yang cakupanya terlihat lebih luas, melainkan dimulai dari interaksi yang lebih sederhana seperti kegiatan jual beli atau perdagangan.
Ternyata seru sekali ya kalau udah membahas tentang sistem ekonomi di NKRI. Agar informasinya tidak setengah-setengah alias harus utuh yuk kita simak kelanjutannya di Jurnal Al-Ahkam : Sistem Ekonomi Indonesia

No comments:

Post a Comment