Friday, October 20, 2017

Perpustakaan Kece dan Asyik Yang Tepat Untuk di Kunjungi

Sedang bingung karena ingin membaca buku yang menarik dengan suasana yang nyaman itu dimana? Di Pepustakaan Umum Daerah provinsi DKI Jakarta lah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Alamat lokasinya di Taman Ismail Marzuki, No. 73, Jl. Cikini Raya, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10330.

Perpustakaan Umum Daerah DKI Jakarta 
Gambar : Posisi depan gedung perpustakaan
Perpustakaan ini terletak di samping Taman Ismail Marzuki dengan gedung yang memiliki warna corak campuran antara abu-abu dengan warna merah. Perpustakaan ini terdiri dari 3 lantai.

Pertama kali kita mulai memasuki gedung perpustakaan kita akan disambut dengan galeri lukisan anak-anak yang ditempel sepanjang dinding. Lalu kita mulai memasuki lobby. Di lobby ini kita harus menyerahkan kartu identitas seperti ktp, kartu pelajar maupun kartu tanda mahasiswa. Kartu identitas ini digunakan untuk mendaftar atau mengisi buku kunjungan perpustakaan. Setelah itu kita akan diberi kunci loker untuk penyimpanan barang atau tas yang kita bawa.

Lobby Perpustakaan
Gambar : Lobby Perpustakaan

Selanjutnya kita memasuki lantai 1 yang biasa disebut sebagai perpustakaan layanan umum, karena koleksi umum ini terdapat dilantai 1. Koleksinya sangat tertata rapi. Ruang membacanya juga sangat tertata rapi. Lalu disediakan Tablet yang digunakan untuk mengakses I-Jakarta dengan wifi yang sudah tersedia. Jika ada pemustaka yang belum bisa atau belum tahu bagaimana cara menggunakan tablet ini untuk mengakses I-Jakarta, dapat ditanyakan ke pustakawan yang berada di sirkulasi lantai 1 ini. Tentunya pustakawan akan sanagat bersedia untuk membantu. Selain tablet, juga disediakan area komputer yang tersambung oleh wifi untuk dimanfaatkan mengakses ke jaringan internet. Ruang baca yang disediakan di lantai 1 ini sangat nyaman dan kondusif untuk membca. Ruang bacanya disediakan dalam bentuk tempat membaca berupa kelompok, carel ataupun lesehan menggunakan karpet yang sangat lembut dan bersih. Kemudian di lantai 1 ini juga terdapat musholah dan kamar mandi yang bersih.
Ruang Baca


Ruang multimedia
 Gambar : Ruang baca lantai 1
 
Sekarang kita lanjut naik ke lantai 2 bisa menggunakan lift ataupun tangga jalan. Sesampainya di lantai 2 kita akan langsung disambut dengan ruang layanan anak yang sangat indah dengan beraneka ragam warna. Di ruang layanan anak ini terdapat berbagai macam koleksi anak yang sangat menarik untuk dibaca oleh anak-anak. Selain koleksi, terdapat berbagai macam permainan edukatif yang bisa dimainin sepuasnya. Di lantai 2 ini juga terdapat playgroundnya ( ada ayunan, perosotan, komudi putar mini, dan mandi bola ). Akan tetapi, yang boleh masuk playground hanya anak-anak yang umurnya di bawah 5 tahun.  Selain permainan edukatif, juga disediakan koleksi untuk di ruang layanan anak. Koleksinya sangat beragam ada koleksi fiksi maupun non fiksi. Ruang baca yang disediakannya juga sangat menarik minat anak-anak untuk membaca. Karena di desain dengan bentuk yang unik, ruangannya bewarna colour full, fasilitas tempat membacanya juga fasilitas yang cocok dan tidak membahayakan, contohnya kursi dan mejanya terbuat dari bahan plastik. Ukuran rak koleksinya juga sudah diatur agar anak-anak yang ingin mengambil buku tidak kesulitan karena terlalu tinggi.


Ruang Koleksi Anak


Ruang Baca Anak


Ruang Bermain Anak
Gambar : Ruang Layanan Anak lantai 2

Dari lantai 2 kita naik ke lantai 3 yang hanya bisa menggunakan lift saja. Di lantai 3 ini merupakan ruang layanan referensi, yang koleksi nya tidak boleh dipinjam hanya boleh dibaca di tempat. Koleksi dalam layanan referensi ini cukup lengkap bagi pemustaka yang ingin membaca koleksi dari layanan referensi ataupun mau digunakan referensi dalam sebuah penelitian. Ruang bacanya juga dibentuk sangat nyaman seperti ruang membaca di lantai 1 dan 2 yang masing-masing ruang membacanya dibuat nyaman. Selain itu di Lantai 3 juga ada nursing room, ada 3 sofa yang disediakan buat ibu-ibu menyusui. Sayangnya belum ada meja buat ganti diapers. Ruangannya juga dingin, jadi ibunya nyaman, anaknya juga.

Ruang Referensi
Gambar : Ruang Referensi Lantai 3

Itulah ruangan, fasilitas dan koleksi yang dapat saya ceritakan tentang Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta. Oh iya, untuk jadi anggota di perpustakaan ini harus punya bukti identitas diri sebagai warga DKI Jakarta, kalau warga Tangerang Selatan tapi kantornya di Jakarta, gimana? Boleh tetap daftar jadi anggota, tapi harus nunjukin surat dari kantor yang bilang kalau Anda bener kerja di perusahaan itu.  

Bagaimana dengan mas pinjam buku di Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta ini? Masa pinjam bukunya lumayan panjang, per-buku itu 2 minggu dan boleh diperpanjang lewat telepon kalau bukunya belum selesai dibaca. Lalu waktu untuk mengembalikan bukunya juga bebas, soalnya ada anjungan pengembalian buku mandiri yang buka 24 jam. Memudahkan banget, ya.

Perpustakaan yang kece ini buka Senin – Jumat mulai jam 10.00 pagi sampai 16.00 sore. Jam buka dan tutupnya tepat waktu banget, pas jam 15.30 sudah ada woro-woro kalau perpus mau ditutup, jadi pengunjung punya waktu buat rapi-rapi sebelum pulang. Ayolah dimana lagi perpustakaan yang kece dan asyik untuk dikunjungi, kalau bukan di Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta. Mari kita budayakan membaca dari sekarang agar pengetahuan dan wawasan kita bertambah. Selamat berkunjung 😃

70 comments:

  1. Terimakasih ika, artikel nya sangat bagus. Jadi kita tau cari perpus yg keren ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah smeoga bermanfaat kak. Silahkan dikunjung perpustakaan kerennya yaa :)

      Delete
  2. Kereen ulasannya, ika....
    Semoga selalu semangat menulis hal2 bermanfaat....😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah terima kasih ibu. Siap ditunggu tulisan berikutnya jangan lupa untuk membaca dan memberikan komentarnya ya ibu :)

      Delete




  3. Wah,,,jadi ingin berkunjung ke Gedung Perpustakaan Nasional RI . Semoga dengan adanya gedung perpustakaan yang baru dengan fasilitas yang serba oke, minat baca masyarakat Indonesia semakin meningkat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf bunda itu perpustakaan umum daerah provinsi DKI Jakarta yg ada di samping taman ismail marzuki. Bukan Perpustakaan NAsional RI yg ada di salemba maupun di dekat gambir hehehee. Yuk silahkan dikunjungin perpustakaannya bunda dan jangan lupa bawa si adek kecil gantengg:)

      Delete
  4. Terimakasih ika informasinya. Tetap semangat yaaaa buat artikelnya

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Yuk kak silahkan langsung berkunjung ke perpustakaan tersebutt:D

      Delete
  6. Mantap, mudah2an bisa menumbuhkan minat baca dan bisa menjadi sarana untuk pendidikan bagi generasi muda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnn semoga aja pak. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan perpustakaan menjadi ramai untuk dikunjungi hehee

      Delete
  7. Replies
    1. Nah setuju banget kak budayakan membaca sejak dini :)

      Delete
  8. Makasih infonyaaa, buat yg bosen ke perpus gitu2 ajaa, boleh nih nyoba kesiniii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bener tuh kak yuk silahkan dikunjungi perpus kecenya :D

      Delete
  9. Nyaman banget kayaknya.... Liburan ke sana ah 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bener banget tuh kak memanfaatkan waktu liburan dengan dateng ke perpustakaan kece ini 😊

      Delete
  10. Wah kece informasinya ka, trimakasih ats informasinya menarik bgt dan I Like it

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalo begitu kak semoga bermanfaat yaa:D

      Delete
  11. wah Perpustakaan kekinian sekali ini, bisa ajak anak2 ke sini juga ya soalnya ada ruang bermain anaknya, jadi bisa bermain sambil belajar, perpustakaan yang recomended banget buat keluarga ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak suasananya juga kekeluargaan banget. jadi bisa dikunjungin oleh anak kecil, remaja maupun dewasa kak ☺

      Delete
  12. Wah jadi mau ke sana sekalian nambah" ilmu terimakasih ka infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa dek silahkan dikunjungi perpustakaan kecenya 😊

      Delete
  13. Mantab, sangat bermanfaat dan terinspirasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sangat senang kalo begitu bang. Jangan lupa buat ajak keluarga kecil abang untuk dateng ke perpustakaan tersebut yaa hehehe

      Delete
  14. Replies
    1. Terima kasih banyak semoga bermanfaat ya ☺

      Delete
  15. Informasi yang bagus dan bermanfaat sekali, semoga dengan banyaknya orang yang mengulas tentang tempat-tempat seperti perpustakaan ini akan lebih banyak lagi menarik minat untuk datang ke perpustakaan dan membaca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap benar sekali masih banyak orang yang tidak tahu bahwa perpustakaan telah menyediakan fasilitas yang sangat nyaman dan betah untuk membaca😧

      Delete
  16. Mantapp sekali infonya, jd ga sabar mau kesana hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dengan segera datang ke perpustakaan tersebut yaa :D

      Delete
  17. Waaah bagus banget kak, untuk transport kesana nya kalau dr ragunan kemana ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu naik angkot kearah stasiun pasar minggu aja nah terus naik kereta turun di stasiun cikini abis itu jalan kaki aja deket kok tpi kalo gamau naik gojek aja cuman 4 ribu dek. Aksesnya enak kok ga sulit. Bakal ketagihan deh kalo udah kesanaa:D

      Delete
  18. Wah semakin bagus perpustakaan sekarang, dengan berbagai fasiltitas yg lengkap dapat membuat nyaman para pembacanya

    ReplyDelete
  19. Waah bagus, bermanfaat👍🏻👍🏻

    ReplyDelete
  20. Semoga artikel nya bermanfaat buat banyak orang ya, Ika:) btw aku jadi mau ke sana deh bacabaca contoh skripsi orang buat referensi hehehe. Sukses terus ikaa ❤❤❤

    ReplyDelete
  21. Kebetulan belum pernah berkunjung jadi tau gambaran perpustakaannya keren juga

    ReplyDelete
  22. Keren perpustakaannya, jadi pengen berkunjung ke sana

    ReplyDelete
  23. Keren perpustakaannya, jadi pengen berkunjung ke sana

    ReplyDelete
  24. Wah baru tau kalo ada perpustakaan yang nyaman kaya gitu di Jakarta. btw weekend tutup ya?

    ReplyDelete
  25. Wah keren juga nih perpustakaan .. ada wahana untuk anak" lagi .. bisa jadi tempat referensi orang tua murid nih kalau ada perpus sekeren ini.. jdi ibu dan anak sama" happy

    ReplyDelete
  26. Makasih infonyaaa jadi tertarik nih mau mengunjungi, bagus yaaa

    ReplyDelete
  27. Makasih infonyaaa jadi tertarik nih mau mengunjungi, bagus yaaa

    ReplyDelete
  28. Kebetulan udh pernah ke sana dan Perpustakaannya emang kece banget, mulai dari konsep gedungnya sama sarana prasarananya yg kekinian wkwk. Koleksinya jg cukup lengkap. Yg paling canggih ada mesin ATM (pengembalian buku mandiri), tp gatau masih berfungsi apa nggak. sayangnya, letak gedungnya di pinggir. jadi, gak begitu keliatan pengunjung taman Ismail Marzuki yg ngeh (sadar) klo di kompleks taman Ismail Marzuki ada Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta 😐

    ReplyDelete
  29. Wah bagus nih artikel nya kebetulan senior2 aku juga yg udh pada lulus sering ke perpunas koleksi buku nya lengkap2 katanya dan suasana nya jg mendukung untuk ngerjain tugas atau skripsi :)

    ReplyDelete
  30. bagus nih nyaman keknya ya tempatnya, boleh lah kesana sekalian nongkrong hehe

    ReplyDelete
  31. Tempat asik tuh. Jadi pengen ke perpusnas secepatnya hehe

    ReplyDelete
  32. Waw... keren infonya. Jadi pengen kesana. Kapan-kapan ajak dong ka :) wkwkwk

    ReplyDelete
  33. Makasih ka atas infonya. Perpusnya bagus, kelihatannya nyaman juga.

    ReplyDelete
  34. Sangat bermanfaat infonya.... Perpusnya jga pasti nyaman banget

    ReplyDelete
  35. Wah.. Bagus sekali. Alhamdulillah sangat bermanfaat. Terimakasih ya ka😊

    ReplyDelete
  36. wiihhhh recommend bgt tempatnya ,, mksih ikaa artikelnya sangat bermanfaat dan sangat membantu buat kita" yg bingung cari perpustakan yg nyaman dan kecehh 😆😊

    ReplyDelete
  37. Sangat informatif isinya, bagus 👍

    ReplyDelete
  38. Kerennn, ulasannya juga baguss 👍👍

    ReplyDelete
  39. Bermanfaat sekali informasinya ka.. Dri sini kita dapat mengetahui perpustakaan yang nyaman.. Bukan hanya cuman dri kalangan dewasa ajah.. Anak anak kecil pun jadi nyaman..

    ReplyDelete
  40. Rekomendasi yang keren tapi sayang dah luluz ☺

    ReplyDelete
  41. Makasih ka ika informasinya, jadi tau ada perpus di sana yg tempatnya nyaman bersih,jadi pengen kesana

    ReplyDelete
  42. bermanfaat banget ilmu nya,nice info

    ReplyDelete
  43. Artikel yg bagus,dengan penggunaan kalimat yg mudah dimengerti. Membuat pembaca menjadi tidak bosan utk membaca sampai akhir cerita.
    Terima kasih atas informasinya Ika..

    ReplyDelete
  44. Bagus banget kak, jadi terinspirasi mau kesana sekali kali

    ReplyDelete
  45. makasihh info untuk perpustakaanya jadi berminat kesana, bermanfaat bgtt buat pelajar,mahasiswa atau lainnya, aplgi perpustakaan yg udh modern lengkap dan nyaman.. apalagii ada ruangan terpisah untuk anak" jadi gk menggangu yg lagii bljar,membaca dan lainnya.

    ReplyDelete