Tuesday, October 31, 2017

Yuk Kita Peduli Lingkungan!



Kebersihan Sebagian Dari Iman
Setiap orang pasti pernah belajar ips dong? Iyakan? Pelajaran IPS membahas tentang apa aja sih? Coba sebutin yaa…ada yang membahas mengenai sejarah, ekonomi, sosiologi maupun geografi. Kita bahas tentang literasi geografinya yukkk!

Materi IPS itu sangat berkaitan dengan menumbuhkan karakter peduli lingkungan. Namun secara kenyataannya, banyak guru yang belum pernah melakukan pengembangan khusus pembelajaran IPS yang berbasis literasi geografi untuk menumbuhkan karakter peduli lingkungan, dengan alasan belum mengetahui cara atau teknis untuk mengembangkan model pembelajaran tersebut. Keadaan ini, memperlihatkan proses pembelajaran IPS yang selama ini dilakukan oleh guru belum dapat menumbuhkan karakter peduli lingkungan peserta didik.
Save Earth
Sejarah singkat awal mula pembangunan Indonesia dimulai secara efektif menjelang tahun 1970, yang ditandai oleh paradigma pembangunan ekonomi yang terencana. Dalam perencanaannya, pembangunan selalu memanfaatkan sumber daya, termasuk sumber daya alam. Pemanfaatan sumber daya alam ini memberikan kontribusi yang sangat besar namun disisi lain memberikan kecenderungan terjadi penurunan daya dukung lingkungan dan menipisnya ketersediaan sumberdaya alam yang ada serta penurunan kualitas lingkungan hidup.

Kesadaran manusia untuk senantiasa peduli terhadap lingkungan sebagai bagian dari etika lingkungan masih harus terus ditumbuhkan. Setiap manusia harus memahami bahwa manusia diciptakan untuk menjadi pemimpin (khalifah) yang mengatur banyak hal yang ada di bumi, baik itu tumbuhan, hewan, tanah, air, udara, gunung, hutan, dan semua yang ada di bumi untuk dikelola oleh manusia dan memanfaatkannya secara seimbang dan berkelanjutan.
Tanam Pohon
Oleh karena itu, salah satu aspek penting pendidikan adalah mampu menyadarkan peserta didik bahwa mereka (peserta didik) merupakan bagian dari anggota masyarakat yang mampu membuat keputusan yang luas jangkauannya di setiap harinya. Setiap keputusan akan memberikan dampak jauh melampaui waktu dan tempat di mana keputusan tersebut sedang dibuat. Sebagai contoh, memutuskan untuk tidak membuang sampah ke sungai, memutuskan untuk menggunakan angkutan umum di bandingkan mengemudi kendaraan pribadi dan keputusan-keputusan lainnya yang sangat berdampak luas. Pemahaman mengenai keterhubungan satu tempat dengan yang lain dan pengelolaan lingkungan yang merupakan bagian dari literasi geografi, yang akan menumbuhkan karakter peduli lingkungan harus selalu disampaikan pada pembelajaran IPS. Mengingat salah satu tujuan kurikulum IPS adalah membekali peserta didik dengan kesadaran, sikap mental yang positif dan keterampilan terhadap lingkungan hidup yang menjadi bagian dari kehidu- pannya yang tidak terpisahkan. Maka mata pelajaran IPS harus diarahkan pada upaya menumbuhkan karakter peduli lingkungan.

Di link ini Jurnal Sosio-FITK : Literasi Geografi Dalam pembelajaran IPS banyak sekali membahas tentang literasi geografi dalam kepedulian kita terhadap lingkungan. Salah satu pembahasannya yaitu karakter peduli lingkungan. Silahkan dibuka linknya dan jika ingin mendownloadnya juga bisa kok dan free lohhh… karena kalau bukan kita, siapa lagi yang mau peduli terhadap lingkungan?  

4 comments:

  1. Peduli lingkungan penting sekali lebih dintekankan pada saat pelajaran IPS, meskipun belajar untik peduli lingkungan bisa dari mana saja. Namun dasarnya memang harus kita ketahui lebih dalam dari pelajaran yang kita ambil dari sekolah dan lebih luasnya Kita pelajari dr kehidupan sehari hari

    ReplyDelete
  2. sebagai individu yang hidup bersama lingkungan, sudah semestinya memberikan treatment yang baik untuk lingkungan sebagai feedback lingkungan terhadap manusia atas kebaikannya. literasi geografi juga berperan memberikan informasi kepada manusia bagaimana cara merawat alam dan menjaganya tetap lestari agar keindahanya bisa dinikmati oleh generasi berikutnya. karena jika bukan kita siapa lagi??

    ReplyDelete
  3. Kita sebagai manusia memang diwajibkan untuk melestarikan lingkungan agar kelak nanti anak cucu kita msh bisa merasakan indahnya lingkungan yg kita rawat ini. dr pelajaran ips ini kita jg dpt bersosialisasi kpd masyarakat umum.

    ReplyDelete
  4. Salah satu penyimpangan dari peduli lingkungan adalah membuang sampah tidak pada tempatnya, merokok ditempat umum atau tidak pada area merokok, pun membantu lansia menyeberangi jalan.Membantu lansia menyeberangi jalan juga termasuk peduli terhadap lingkungan, karena seperti yang kita tahu semakin bertambah usia kita semakin berkurang tenaga pada dalam tubuh kita, serta bentuk dari menghormati terhadap yang lebih tua. Pemuda-pemudi zaman sekarang ini sepertinya tidak memikirkan aspek peduli lingkungan, mereka lebih memikirkan "kesenangannya" mereka sendiri maka dari itu pelajaran IPS sangat penting bagi pembangunan karakter peduli lingkungan, selain itu diharapkan remaja-remaja dimasa yang akan datang dapat memahami atau mengamalkan ilmu-ilmu yang sudah dibekali saat Sekolah, tidak menyimpang dari kepeduliannya terhadap lingkungan.

    ReplyDelete