Friday, December 8, 2017

Sejarah Perpustakaan UIN Jakarta



Setiap kampus ataupun universitas pasti punya perpustakaan. Salah satunya Universitas Islam Negri Jakarta atau yang biasa kita kenal dengan UIN Jakarta memiliki sebuah gedung pusat perpustakaan untuk civitas akademik UIN Jakarta. Lalu kapan gedung pusat perpustakaan itu didirikan? Bagaimana dengan sejarah gedung pusat perpustakaan tersebut? Yuk kita berbagi cerita tentang sejarah gedung pusat perpustakaan UIN Jakarta.

Gedung perpustakaan UIN Jakarta
Gedung perpustakaan UIN Jakarta yang lama

Gedung perpustakaan UIN Jakarta
Gedung perpustakaan UIN Jakarta yang baru
Perpustakaan UIN Jakarta pada awalnya merupakan peralihan nama dari Perpustakaan IAIN Jakarta, yang didirikan seiring dengan berdirinya IAIN  itu sendiri, yaitu sejak berdirinya ADIA (Akademi Dinas Ilmu Agama) pada tanggal 1 Juni 1957. Pada waktu itu kondisi perpustakaan masih sangat  sederhana, hanya terdiri dari satu ruangan. 

Pada awalnya koleksi yang dimiliki sebanyak 2000 eksemplar, dan hanya dikelola oleh seorang pegawai. Pada tahun 1960-1964 Perpustakaan IAIN dipimpin oleh Drs. A. Syadali (beliau adalah Rektor IAIN tahun 1984-1993). Dibawah kepemimpinannya perpustakaan sudah mulai dikelola secara lebih sistematis. Pada periode tersebut, koleksi buku diklasifikasi menurut DDC (Dewey Decimal Classification). Di samping itu  sistem peminjaman juga sudah mulai tertib, dan jumlah pegawainya ada 4 orang.

Pada tahun 1971-1983 Perpustakaan IAIN dipimpin oleh Ny. Dra. Hj. Halimah Madjid. Di bawah kepemimpinannya perpustakaan ditata lebih teratur dan menempati ruang yang lebih luas (gedung Aula Madya saat ini). Pada masa inilah puncak prestasi perpustakaan berhasil diraih, tepatnya pada tahun 1980 Perpustakaan IAIN Jakarta tercatat sebagai perpustakaan perguruan tinggi terbaik se-DKI Jakarta

Dari setiap pergantian tahun dan pegantian masa jabatan, perpustakaan UIN Jakarta selalu mengalami tingkat kemajuan. Dengan begitu bisa menarik minat pemustaka untuk datang ke perpustakaan UIN Jakarta. Masih banyak tentang sejarah perpustakaan UIN Jakarta yang bisa kalian ketahui dengan hanya mengklik http://perpus.uinjkt.ac.id/content/sejarah-perpustakaan-uin-jakarta

No comments:

Post a Comment