Tuesday, January 2, 2018

Main Ke TKC Yuk

TKC

Kalian tahu enggak apa itu TKC? Kalau belum tahu akan dijelaskan di tulisan ini yang mana telah berkunjung ke TKC. TKC merupakan TKC itu singkatan dari Tarumanagara Knowledge Centre (TKC) yang merupakan merupakan nama yang dipilih untuk menyebut fasilitas baru di lantai 6,7, 8, dan 9 Gedung Utama Kampus I Untar. TKC ini juga terhubung langsung ke lantai 5 dan taman (roof garden) di sebelah Utara gedung tersebut. 

TKC ini merupakan sarana mencari pengetahuan dan sumber belajar bagai masyarakat kampus dan siswa-siswa sekolah menengah, khususnya dari Jakarta. Mereka bisa memanfaatkan fasilitas audio visual dan e-journal. Dengan luas lantai sekitar 900 meter persegi

TKC sama dengan perpustakaan pada umumnya. TKC terdapat ruang layanan sirkulasi, ruang koleksi, ruang baca, ruang multimedia, ruang layann referensi, ruang kepala perpustakaan dan staff dan lainnya. Penempatan dari masing-masing ruang ini sangat teratur dan unik yang bisa membuat pemustaka merasa nyaman.
 Lalu untuk segi koleksinya pun beragam dari koleksi umum sampai koleksi ke lokal konten. Yang uniknya dari koleks di TKC ini benar-benar masih menyimpan koleksi non tercetak seperti cd / dvd, film-film box office. Banyak pemustaka yang sangat menikmati koleksi non tercetak ini. Koleksinya pun tertata dengan rapi dan ada yang disimpan dalam bentuk yang menarik.
Lalu ada yang menjadi hitsnya TKC ini yaitu sebuah becak mini yang diletakan dekat dengan ruang koleksi. Di becak ini banyak pemustaka yang coba bergantian untuk merasakan duduk di becak ini. Bukan hanya sekedar duduk, pemustaka pun juga sambil membaca buku di becak mini ini.

Ohiya Tarumanagara Knowledge Center telah menerapkan system otomasi dalam pengelolaan dan layanannya. Menurut informasi yang disampaikan oleh staf IT, TKC menerapkan “sistem MARC” untuk otomasinya. Nama databasenya adalah Library TKC. Database ini hanya bersifat intranet, sehingga belum dapat diakses oleh masyarakat di luar TKC. Memalui database ini, user dapat menelusur bahan pustaka memalui beberapa titik akses, yaitu nama pengarang, judul, subjek. Selain itu user dapat menelusur dengan kata kunci sederhana.

Tarumanagara Knowledge Center telah menerapkan system otomasi dalam pengelolaan dan layanannya. Menurut informasi yang disampaikan oleh staf IT, TKC menerapkan “sistem MARC” untuk otomasinya. Nama databasenya adalah “Library Tarumanagara Knowledge Center”. Database ini hanya bersifat intranet, sehingga belum dapat diakses oleh masyarakat di luar TKC. Melalui database ini, user dapat menelusur bahan pustaka memalui beberapa titik akses, yaitu nama pengarang, judul, subjek. Selain itu user dapat menelusur dengan kata kunci sederhana

Kalau begitu jagan lupa berkunjung ke TKC ya teman-teman. Tempatnya sangat strategis.

3 comments:

  1. Wah keren pasti nyaman kalau ngerjain tugas disana. Thanks for information

    ReplyDelete
  2. Wah mantab, sepertinya asik. Terima kasih infonya

    ReplyDelete
  3. Kerennn perpustakannya
    Semangat terus menulisnya kaka

    ReplyDelete