Tuesday, January 2, 2018

Apa Itu Rimba Baca?

Hey, apakah kalian pernah dengar kata ucapan “Rimba Baca”? Kalo belum pernah dengar akan aku kasih tahu nih. Rimba Baca merupakan sebuah rumah yang memang dibangun & di-design khusus sebagai perpustakaan bagi anak-anak dan orangtuanya. Jadi bukan rumah tinggal yang diubah menjadi perpustakaan, tapi benar-benar dibangun untuk dijadikan perpustakaan. Penataan interiornya sangat hommy &  nyaman sehingga membuat anak-anak betah berlama-lama membaca buku-buku yang disediakan. 


Ruang membaca di Rimba Baca terbagi menjadi dua lantai, lantai pertama untuk buku anak-anak yang terbagi dalam 3 kelompok usia : 0-3 thn, 4-8 thn dan 9-12 tahun. Sedangkan lantai kedua adalah koleksi buku bagi para orangtua/pendamping. Buku-buku di Rimba Baca mayoritas di dominasi oleh buku berberbahasa Inggris sehingga sangat cocok bagi orangtua yang ingin agar anak-anaknya terbiasa membaca buku dalam bahasa Inggris. Tapi ada juga kok buku-buku berbahasa Indonesia, walaupun jumlahnya lebih sedikit. 

Begitu memasuki lantai pertama Rimba Baca, hal pertama yang terlintas di benak kami adalah: “Semua orangtua harus tau & mengajak anak-anaknya berkunjung ke tempat ini! “ Seperti kita ketahui, sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian keluarga untuk mengajak anak-anaknya ke toko buku saat akhir pekan tiba, namun begitu sampai disana anak-anak pun merasa tidak nyaman karena tidak dapat menemukan tempat duduk bila ingin membaca buku yang mereka sukai. Akhirnya mereka terpaksa membaca sambil berdiri atau duduk di lantai, yang akhirnya mengganggu pemandangan dan menyulitkan orang lain yang mau lewat. Hal ini tidak akan pernah terjadi di Rimba Baca, karena anak-anak bisa langsung duduk di lantai kayu yang hangat maupun di berbagai jenis kursi yang telah disediakan (ada sofa, ada kursi kayu, bantal-bantal boneka).


Rimba Baca juga menyediakan beberapa mainan edukatif ,boneka-boneka  lucu, topi-topi unik (seperti Topi Bajak Laut) dan semuanya bebas dimainkan oleh pengunjung anak-anak. Bila anak-anak sedang ingin istirahat dari kegiatan membaca, Rimba Baca juga menyediakan ruangan khusus untuk Art & Craft dimana anak-anak bisa mewarnai, membuat Origami maupun melukis keramik mungil. Dan semua kegiatan art & craft ini sudah tidak dikenakan biaya lagi bagi member dan juga bagi pengunjung harian yang telah membeli tiket masuk harian. 

Wah ternyata sangat asyik dan menarik sekali ya. Ini bisa menambah daya tarik minat baca kepada seorang anak. Jadi kalau ingin berlibur yang berkesan namun ada hasilnya bisa berliburan ke Rimba Baca yaaa....

2 comments: