Friday, December 15, 2017

Uniknya Kue Mata Roda



Guys pernahkah kalian gelisah untuk menyiapkan hidangan apa yang harus disajikan saat ada sebuah acara seperti arisan, pengajian, reunian dengan kawan sekolah yang bertepatan dirumah kalian? Namun hidangan tersebut terihat menarik dan memiliki keinginan yang besar untuk segera mencicipinya dan rasanya yang lezat? Saya punya ide yang tepat untuk mengatasi kegelisahan kalian. Ide tersebut yaitu membuat hidangan “Kue Mata Roda”. 


Apasih kue mata roda itu? bagaimana cara membuat kue mata roda buatan sendiri enak, dengan cara yang gampang + bahan mudah didapatkan, serta bisa dipraktekkan sendiri di rumah? Yuk kita simak terlebih dahulu^.^

Resep kue tradisional ini terbuat dari bahan utama singkong dengan kualitas tahan lama. Di bawah ini juga akan saya sajikan resep masakannya secara lengkap, silahkan di simak lalu dicoba. 

Bahan Yang Diperlukan
·         1000 gram singkong
·         1/2 sdt pasta vanili
·         200 ml air matang
·         200 gram gula pasir putih
·         1/2 sdt garam
·         Pisang tanduk secukupnya
·         Food goloring (warna hijau/pandan) secukupnya

Bahan Pelapis Luar :
·         500 gram kelapa parut
·         1/2 sdt garam halus
·         1 lembar dan pandan

Cara Membuat Kue Mata Roda Buatan Sendiri Dengan Rasa Yang Enak
  • Bersihkan singkong dari kulitnya kemudian cuci dan bilas.
  • Setelah itu, haluskan singkong dengan cara diparut dan selanjutnya peras hasil parutan tersebut hingga berair, lalu piisahkan dan gunakan parutan singkongnya saja.
  • Tahap berikutnya yaitu mencampurkan bahan-bahan selain singkong dengan parutan singkong.
  • Aduk merata dan uleni menggunakan tangan bersih atau dengan sarung tangan plastik.
  • Setelah itu pindahkan adonan dalam wadah adonan ke wadah lain yang datar dengan dipipihkan dan ditambahkan dengan pisang tanduk tanpa kulit.
  • Terakhir, bentuk adonan singkong seperti lontong dengan potongan buah pisang di dalamnya, gunakan daun pisang sebagai pembungkusnya, setelah itu  kukus sampai matang.
  • Sementara dikukus, siapkan bahan lapisan luar kue singkong berupa parutan kelapa, garam halus dan daun panda, kemudian campurkan jadi satu dan kukus sampai matang.
  • Angkat kue singkong isi pisang yang sudah dikukus matang, buka dari gulungan daun pisangnya, potong-potong dan sajikan bersama tambahan taburan bahan pelapis. Kue Mata Roda siap disajikan.
Setelah melihat resep masakan nusantara diatas, mudah kan guys cara membuat hidangan ini? Saya yakin kalian dapat dengan mudah mempraktekkan resep masakan ini di rumah dan mendapatkan hasil yang sempurna asalkan mengikuti langkah demi langkah. SELAMAT MENCOBA GUYS 😎

2 comments: