Tuesday, December 19, 2017

Yuk Jelajahi Perpustakaan PT



Setiap perguruan tinggi pasti mempunyai perpustakaan. Baik itu perpustakaan fakultas maupun perpustakaan pusat. Perpustakaan merupakan sumber informasi kedua setelah dikelas dan juga perpustakaan tempat menuangkan ide-ide untuk menghasilkan sebuah karya. Kali ini saya akan menuliskan tentang perpustakaan yang ada di suatu perguruan tinggi, yaitu di Universitas Satya Negara Indonesia atau yang biasa dikenal dengan sebutan USNI. Yuk kita jelajahi membacanyaaa!!

Perpustakaan USNI merupakan perpustakaan satu-satunya di USNI, karena perpustakaan tersebut sebagai perpustakaan terpusat. Sebab meskipun USNI mempunyai 5 fakultas, masaing-masing per fakultas tidak mempunyai perpustakaan tersendiri.

Perpustakaan  Universitas Satya Negara Indonesia ( USNI ) berdiri sejak tahun 1989. Bersamaan berdirinya USNI, selain itu juga dilaksanakan pengembangan sarana dan prasarana yaitu dengan menambahkan buku-buku wajib dan referensi baik umum, luar negeri dan sejarah. 

Sudah kesekian kalinya kepala perpustakaan USNI terganti oleh beberapa orang. pada tahun 2016 rektor menugaskan Febri Nurul Huda, S.IP menggantikan pemimpin sebelumnya sebagai kepala perpustakaan hingga sekarang. Terbukti dengan semakin banyaknya perubahan yang terjadi dalam rangka memajukan diri. Beberapa perubahan tersebut meliputi gedung fasilitas, dana, koleksi, dan infrastruktur lainnya. 

Perpustakaan USNI dalam memperbaiki kualitas dan kuantitas pihak USNI membangun gedung perpustakaan baru agar minat baca semakin meningkat. Pada tanggal 7 September 2015 Rektor USNI meresmikan gedung perpustakaan yang baru di lantai empat dengan fasilitas yang cukup baik dalam segi ruang baca, ruang koleksi, dan sistem pelayanan. Dalam kepemimpinan saat ini pimpinan perpustakaan mengedepankan perpustakaan yang modern dan tenaga perpustakaan termasuk pustakawan yang mempunyai kemampuan dalam bidang Ilmu perpustakaan, teknologi dan komunikasi yang baik sehingga nantinya perpustakaan dapat melayani dengan baik pemustaka mereka. 
Kapan sih waktu pelayanan Perpustakaan USNI? Nih waktu Pelayanan Perpustakaan USNI
·         Hari                  : Senin – Jumat
·         Jam buka          : 08.00 – 20.00 WIB
·         Jam Istirahat     : Senin – Jumat (12.00 – 13.00 WIB)   

Lalu bagaimana dengan sarana dan prasarana Perpustakaan USNI? Menurut saya sarana dan prasarana perpustakaan USNI sudah cukup lengkap dan memadai. Mau tau ada apa saja sarana dan prasarananya? Yuk teruskan membacanyaaa…. sarana dan prasarana Perpustakaan USNI yaitu :
a. Ruang baca 

Pemustaka dapat menggunakan ruang bacayang sudah disediakan perpustakaan untuk menikmati koleksi perpustakaan yang sudah disediakan.
b. Katalog

Pemustaka dapat mencari koleksi buku melalui OPAC (Online Public Access Catalogue) yang sudah disediakan pihak perpustakaan untuk memudahkan pemustaka dalam mencari koleksi.
c. Fasilitas Internet (Wifi)
Perpustakaan USNI sudah menyediakan sarana yang memudahkan pemustaka untuk mencari informasi melalui layanan internet. Fasilitas ini disediakan secara gratis bagi pemustaka yang berkunjung.
d. Toilet  

Perpustakaan USNI sangat memanjakan pemustakanya dengan menyediakan toilet bersih. Toilet bersih ini dapat digunakan sewaktu-waktu oleh pemustaka.
e. Loker penyimpanan 

Perpustakaan USNI menyediakan loker penyimpanan yang sangat baik untuk pemustaka yang datang. Loker ini kurang lebih berjumlah 40 loker penyimpanan tas/ jaket, setiap loker memiliki kunci yang dapat dibawa pemustaka agar barang pemustaka dapat terjaga dengan aman di dalam loker penyimpanan.
f. Bank Indonesia Corner (BI CORNER) 

Perpustakaan USNI bekerjasama dengan YPPI ( Yayasan Pengembang Perpustakaan Indonesia) dan Bank Indonesia untuk menyediakan fasilitas tambahan seperti koleksi dan ruang baca khusus yang dirancang oleh pihak BI Corner.

g. Meja Sirkulasi
 h. Ruang kepala perpustakaan dan staff


Srana dan prasarana sudah cukup memadai, kalau begitu bagaimana dengan koleksinya? Koleksi yang ada di Perpustakaan USNI akan saya paparkan sebagai berikut :
a. Buku-buku terkait mata kuliah 
Buku mata kuliah yang ada di Perpustakaan Universitas Satya Negara Indonesia terdiri dari buku Manajemen, ilmu politik, buku administrasi, akuntansi, buku teknik, ilmu kelautan, 
b. Koleksi referensi
Koleksi referensi yang ada di Perpustakaan USNI terdiri dari skripsi, tesis, jurnal, ensiklopledia, kamus, karya ilmiah dosen.
c. Koleksi terbitan berkala
Koleksi terbitan berkala yang ada di Perpustakaan USNI terdiri dari majalah dan koran.
d. CDROM
CDROM ini biasanya berisikan skripsi-skripsi Mahasiswa USNI yang sudah dikumpulkan kepada pihak perpustakaan.
e. E-journal
Perpustakaan USNI menyediakan akses E-Journal untuk pemustakanya. E-Journal yang bisa diakses adalah PROQUEST, EBSCO, CANCAGE, SAGE, Perpustakaan Nasional, i.Jakarta, dan Wikiliks.
Wah cukup memadai ya baik dari segi sarana prasarana maupun koleksinya. Semoga Civitas akademi USNI maupun dari pihak luar mau berkunjung ke perpustakaan USNI untuk mencari sebuah informasi maupun mengeluarkan aspirasinya yang dimiliki oleh masing-masing orang-orang.

1 comment: