Saturday, November 11, 2017

LPM UIN Jakarta Undang BAN PT Sosialisasi SAPTO, Untuk Apa Ya?



Zaman sekarang siapa sih yang enggak tau teknologi? Bahkan anak sekolah dasar sangat paham dengan teknologi. Ya contohnya seperti gadget. Nah seiring perkembangan zaman kecanggihan teknologi itu semakin meningkat. Dahulu sistem akreditasi perguruan tinggi itu menggunakan proses manual. Namun, kini sudah beralih menjadi Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO). Yang berarti prosesnya sudah pasti menggunakan teknologi karena dilakukannya secara online.
LPM UIN Jakarta Undang BAN PT Sosialisasi SAPTO


Akan tetapi bagi seorang narasumber kali ini yang bernama Dr. Sugiyono, Anggota Dewan Eksekutif BAN PT, akreditasi bukanlah suatu tujuan.  Karena adanya akreditasi ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara berkelanjutan.  Dalam SAPTO ini Perguruan Tinggi harus memiliki sumber data tunggal, yang dapat diakses bersama oleh seluruh unit. SAPTO, telah menyiapkan sistem agar PT yang sedang melakukan akreditasi tidak bisa memanipulasi data untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

Miris sekali banyak Perguruan Tinggi di Indonesia belum diakreditasikan. Padahal menurut Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 Tentang pendidikan tinggi, seluruh PT harus semua terakreditasi.
Untuk mengetahui kelengkapan tentang BAN PT Sosialisasi SAPTO, yuk cek di LPM UIN Jakarta Undang BAN PT Sosialisasi SAPTO

No comments:

Post a Comment