Friday, November 17, 2017

Pembuatan Kamus Arab



Kamus Arab
Dahulu setiap bahasa hanya memiliki tradisi tulisan saja. Namun, tradisi lisan ternyata tidak bisa menjaga kelangsungan hidup, sehingga banyak bahasa yang lenyap akibat tidak mengenal tulisan. Bahasa terus berkembang sesuai dengan berkembangnya pemikiran itu sendiri, sehingga manusia tidak bisa lagi menghafal semua kekayaan bahasanya. Terkadang banyak orang yang dihadapi dengan kata-kata yang sulit dimengerti. Lalu, gimana solusinya? Nah solusinya yaitu dibuatlah kamus sebagai bahan referensi.


Begitulah dengan Bangsa Arab yang mencoba menyusun dan mengumpulkan fenomena kebahasaan mereka dalam sebuah kamus. Bangsa Arab merupakan bangsa pertama yang menyusun kamus secara lengkap dan cermat.  Penyusunan kamus Arab ini dimulai setelah turunnya Al-Qur’an.

Lalu apa fungsi dari penyusunan kamus Arab ini? Fungsinya yaitu : menjelaskan arti kata-kata, menerangkan cara melafalkan kata, menerangkan cara menuliskan kata, lebih-lebih bila huruf alfhabet yang ditulis tidak mewakili sepenuhnya suara yang dilafalkan, menentukan fungsi morfologik, dan terakhir menentukan tempat tekanan pada suatu kata.

Bangsa Arab mempunyai cara yang sangat unik dalam pembuatan kamusnya. Mau tau apa keunikan dari pembuatan kamus Bangsa Arab? Yuk kita lihat di Pembuatan Kamus Arab

No comments:

Post a Comment