Friday, November 10, 2017

Yuk Kita Tanamkan Minat Baca Sejak Dini!



Ada pepatah yang mengatakan bahwa buku merupakan sahabat dan guru yang baik. Karena buku dengan sabar mengajarkan banyak hal yang kita tidak ketahui, memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan. Buku juga mengajak kita berpetualang ke berbagai tempat dimensi. Wah berarti asyik banget ya? Pastinya dong….

Baca Buku
 Membaca merupakan bagian penting dalam kehidupan. Akan tetapi mengapa anak-anak lebih senang menghabiskan waktunya berjam-jam di depan televise, bermain game dari pada membaca buku? Anak-anak sudah banyak yang terikuti arus dari adanya perkembangan teknologi. Hal inilah yang perlu diperhatikan, bagaimana menumbuhkan minat baca anak di tengah kendala yang ada seperti system pendidikan dan perubahan sosial saat ini. Solusinya adalah melalui keluarga. Karena keluarga salah satu factor penentu yang dapat mendorong anak untuk mencintai bacaan. Keluarga dapat memupuk kecintaan anak sejak dini untuk membaca dan dapat meningkatkan kesadaran anak akan pentingnya membaca.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan minat baca anak. Cara-cara tersebut yaitu membacakan cerita untuk anak atau yang biasa kita kenal dengan istilah mendongeng. Biasanya anak sangat antusias mendengar cerita dongeng, baik dari segi ide, imajinasi dan peristiwa-peristiwanya. Kemudian keluarga bisa mengajak anak untuk berkunjung ke perpustakaan. Banyak perpustakaan yang menarik untuk dikunjungi karena sangat nyaman suasananya, koleksinya pun beragam. Selain itu, bisa memberikan hadiah berupa buku. Karena biasanya orangtua suka membelikan mainan sebagai hadiah untuk anaknya. Hal inilah harus diubah, hendaknya orang tua memberikan hadiah buku yang berguna untuk anak. Wah ternyata banyak sekali cara yang dapat untuk menumbuhkan minat baca anak ya….

Ternyata seru ya kalau sudah membahas tentang minat baca. Karena jika kita tidak ditanamkan membaca sejak dini mau kapan lagi? Dengan membaca sumber pengetahuan dan informasi bisa kita dapat. Untuk kelanjutannya yuk kita lihat pada sumber di bawah ini. Bisa di download dan free loh :  Peran Keluarga dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak.

No comments:

Post a Comment